ECL (Electronic Chemistry Learning)

ECL sebagai Model Pembelajaran Baru untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA di Kota Surakarta Menuju Open Education Resources

Nurma Yunita Indriyanti dan Bakti Mulyani (2009)

SMA Negeri 3 Surakarta merupakan salah satu SMA yang telah mempunyai sarana dan layanan laboratorium komputer serta jaringan internet. Namun demikian belum ada pembelajaran yang diterapkan dalam menunjang teknologi informasi di sekolah. Dalam meningkatkan ketertarikan siswa kepada mata pelajaran kimia dan juga meningkatkan kepekaan teknologi siswa perlu diberikan pembelajaran e-learning. Pada pokok bahasan Sistem Periodik Unsur sangat tepat disajikan dengan metode ECL (Electronic Chemistry Learning), karena siswa diharapkan dapat memperoleh materi mengenai unsur-unsur di bumi dan perkembangan yang ada sekarang. Jika mengikuti buku cetak yang disediakan di sekolah, maka akan terbatas perkembangan pengetahuannya terhadap kondisi sekarang.

Metode pengambilan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 3 Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol yang telah memenuhi persyaratan normal dan homogen. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling dengan pertimbangan sampel telah terbagi dalam kelas-kelas. Instrumen tes penguasaan materi dalam penelitian ini telah diujicobakan, yaitu berupa 30 butir soal pilihan dan satu jawaban benar. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda instrumen.

Setelah dilakukan pembelajaran dengan penerapan ECL pada kelompok eksperimen, rata-rata hasil posttes yang diperoleh mencapai 76,99 (skor maksimal 100). Pada kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, rata-rata hasil posttesnya hanya 59,62. Ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok SPU yang dalam pembelajarannya diterapkan ECL dengan siswa yang pembelajarannya diterapkan model pembelajaran konvensional. Guru diharapkan dapat menerapkan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan melalui metode ECL. Siswa dapat memanfaatkan kemajuan IPTEK melalui ECL sehingga akan terhindar dari istilah “gagap Teknologi” untuk generasi sekarang.

Kata Kunci: ECL (Electronic Chemistry Learning), Hasil Belajar.

Desain Penelitian Kualitatif

Dalam penelitian pendidikan kita mengenal desain kualitatif, kuantitatif dan desain campuran atau lebih umum dikenal desain mixed-method. Da...