2012/01/25

Eksperimen Kimia sederhana : The Blue-Bottle


Kimia mengajarkan kita untuk tahu apa yang ada di sekitar kita. Termasuk sebagai seorang pengajar, entah itu dosen ataupun guru akan sangat menyenangkan jika bisa menyampaikan materi kimia dengan menarik. Salah satunya adalalah dengan eksperimen kimia. Hari ini saya ikut mendampingi praktikum mata kuliah IPA di kelas calon guru SD di Muenster University, Jerman. Berikut kami sajikan satu dari beberapa percobaan kimia sederhana, contoh lain percobaan di berbagai negara juga ada di youtube:

Blue-Bottle Experiment : Reaksi kimia dalam botol berisi larutan tak berwarna, terdiri dari metilen blue, glukosa, dan larutan NaOH.
Reaksi ini adalah contoh dari reaksi redoks. Glukosa dalam larutan basa akan teroksidasi oleh oksigen yang berasal dari udara dalam botol dan secara perlahan membentuk asam glukonat. Metilen blue berfungsi sebagai oksidator untuk glukosa. Metilen Blue akan tereduksi menjadi leukometilen blue dan menghasilkan larutan tidak berwarna. setelah kita menggoyangkan botol kembali dengan tersedia oksigen dalam larutan maka leucometilen blue akan teroksidasi kembali dan menghasilkan larutan biru. Kembali didiamkan akan bening kembali dan seterusnya.

http://www.youtube.com/watch?v=61ek9u9TlfA

Source : Shakhashiri, B.Z. Chemical Demonstrations: A Handbook for Teachers of Chemistry

6 comments:

Anonymous said...

Cara dapet glukosa, metilen blue sama NaOH gmn?

nurma said...

ketiga bahan ini bisa didapatkan di toko kimia, atau hub lab kimia terdekat milik yayasan atau univ terdekat, bisa untuk membeli sedikit tidak perlu banyak

sablon cup said...

mantap gan, sangat bermanfaat.

www.kiostiket.com

Unknown said...

Kalau persamaan reaksinya gmna?

Unknown said...

kenapa harus pake metilen blue?? klo pake warna lain bisa nggak?

Anonymous said...

Kenapa harus menggunakan glukosa dan natrium hidroksida ?

Desain Penelitian Kualitatif

Dalam penelitian pendidikan kita mengenal desain kualitatif, kuantitatif dan desain campuran atau lebih umum dikenal desain mixed-method. Da...